TJILIK RIWUT: KALIMANTAN MEMBANGUN ALAM DAN KEBUDAYAAN


Setelah Presiden Republik Indonesia (RI) yang ketujuh, Joko Widodo (Jokowi), pada 2019 memutuskan untuk memindahkan ibukota RI dari Jakarta ke Kalimantan, buku bekas Kalimantan Membangun Alam dan Kebudayaan karya Tjilik Riwut ini seperti menemukan momentum dan relevansinya kembali. Melalui buku tersebut, segenap instrument bangsa Indonesia diharapkan dapat lebih memahami masyarakat dan kebudayaan di Kalimantan.

Buku ini dipilah ke dalam empat bagian. Tiap bagian dirinci lagi menjadi beberapa bab.

Bagian pertama yang membahas tentang Pulau Kalimantan terdiri atas enam bab. Keenam bab tersebut membahas secara umum tentang tanah Kalimantan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Bagian kedua membahas sejarah Kalimantan. Bagian ini dipilah ke dalam Sembilan bab. Bab-bab tersebut membahas nama Pulau Kalimantan, kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, kerajaan-kerajaan Islam, masuknya orang Cina, masuknya agama Kristen, masa pendudukan Jepang, perjuangan Suku Dayak, masa revolusi kemerdekaan, serta pahlawan dan perjuangannya.

Bagian ketiga menguraikan suku dan kebudayaan Banjar. Lima bab diwadahi bagian ini. Kelima bab tersebut memaparkan Suku Banjar dan suku-suku lainnya, rumahnya, senjatanya, adat-istiadatnya, serta keseniannya.

Bagian keempat berbicara tentang suku dan kebudayaan Dayak. Tiga belas bab dihimpun bagian ini. Bab-bab tersebut menjelaskan Suku Dayak secara umum, perkembangannya, perumahannya, perkembangan kampungnya, pakaiannya, senjatanya, tempayan atau tajau-balanga, agama dan kepercayaannya, adat-istiadatnya, hukum adatnya, bahasanya, huruf dan kesusastraannya, serta keseniannya.

Buku ini pertama kali diterbitkan NR Publishing, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 1993. Empat belas tahun kemudian, 2007, terbit cetakan keduanya. Beberapa perbaikan di sana-sini dilakukan penyunting, Nila Riwut, anak ketiga dari lima anak Tjilik Riwut. Tapi, perbaikan-perbaikan tersebut tanpa mengubah isi dan pesan yang ingin disampaikana penulisnya. Buku bekas yang kami jual ini merupakan cetakan kedua tersebut.

Judul: Kalimantan Membangun Alam dan Kebudayaan
Penulis: Tjilik Riwut
Penyunting: Nila Riwut
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Soft Cover
Tebal: 598 Halaman
Dimensi: 15 x 23 Cm
Penerbit: NR Publishing, Sleman
Tahun: Cetakan Kedua, 2007
Kondisi: Bagus (Ada sedikit bekas tertekuk di cover. Sisi luar buku sedikit kotor atau ada bercak kekuningan.)
Harga: Rp125.000
Stok: 16 (15 TERJUAL)

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s