B.J. HABIBIE, 72 HARI SEBAGAI WAKIL PRESIDEN RI, CETAKAN I


B.J. Habibie, 72 Hari sebagai Wakil Presiden RI merupakan buku memoar Bacharuddin Jusuf (B.J.) Habibie dalam salah satu periode yang sangat penting dalam sejarah perjalanan Indonesia. Selama 72 hari itulah, lelaki kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, ini menapaki hari-hari terakhir pemerintahan Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri dari kepemimpinannya selama 32 tahun pada Kamis, 21 Mei 1998, pukul 9.05 WIB, di Istana Negara, Jakarta, akibat desakan publik melalui demonstrasi yang masif, sesuai dengan Pasal 9 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Habibie diangkat menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) yang ketiga.

Buku ini menyajikan tugas dan kegiatan Habibie sebagai Wakil Presiden RI dalam mengemban amanat UUD 1945. Selain itu, tugas khususnya meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan globalisasi, penyerasian industry, serta permbinaan persatuan dan kesatuan bangsa. Tugas dan kegiatan Habibie selama periode Kabinet Pembangunan VII yang berusia 72 hari itu disusun secara kronologis. Buku ini juga mendeskripsikan kegiatan Ibu Negara RI, Hasri Ainun Habibie. Banyak potret berwarna melengkapi semua deskripsi tersebut.

Buku berukuran besar ini dibagi ke dalam lima bab. Mulai dari “Siapa B.J. Habibie”, “Pemilihan dan Pengangkatan B.J. Habibie sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia”, “Pengucapan Sumpah dan Tugas-Tugas Wakil Presiden Republik Indonesia”, “Kegiatan Wakil Presiden Republik Indonesia”, hingga “Saat-Saat Menentukan di Akhir Jabatan Wakil Presiden Republik Indonesia”.

Buku ini ditutup dengan sejumlah lampiran. Lampiran terakhir berisi seruan Wakil Presiden RI menyikapi kondisi di Indonesia setelah peristiwa demonstrasi mahasiswa dan masyarakat yang memakan korban jiwa. Seruan tersebut disampaikan untuk mewakili Presiden Soeharto yang sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Mesir. Seruan itu berisi keprihatinan pemerintah atas musibah yang terjadi pada unjuk rasa itu, belasungkawa dan doa atas para korban unjuk rasa, serta ajakan kepada seluruh masyarakat untuk menahan diri demi memelihara ketenteraman dan stabilitas nasional untuk melaksanakan reformasi dan segera keluar dari krisis.

Buku ini dicetak lumayan mewah dalam dua bahasa: Indonesia dan Inggris. Buku yang dijual ini merupakan edisi bahasa Indonesianya.

Judul: B.J. Habibie, 72 Hari sebagai Wakil Presiden RI
Penanggung Jawab Penulisan: Z.A. Maulani
Penulis: H.M. Yusuf Asry (Koordinator), Budhy Rahadi, Kusma Wiriadisastra, Bambang Pudjiono, Abdul Manan, Dwi Winarto, Karsono, Sutijono, Ny. Suyoto
Penyunting: Kusma Wiriadisastra (Koordinator), Budhy Rahadi, H.M. Yusuf Asry
Bahasa: Indonesia
Kulit Muka: Hard Cover + Jaket + Kotak Buku
Tebal: xiv + 148 Halaman
Dimensi: 26,5 x 29,5 Cm
Penerbit: Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta
Tahun: Cetakan Pertama, 1998
ISBN: Tak Ada
Kondisi: Bagus (Bercak-bercak atau blok kecokelatan karena termakan waktu di balik jaket, di balik cover, lembar kedua dari depan dan dari belakang, serta sisi luar buku.)
Harga: Rp292.000
Stok: 3 (2 TERJUAL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s